Religius-Rasional: Pemikiran Hasan Al-Banna Tentang Pendidikan Islam Kontemporer
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas pemikiran Hasan al-Banna yang bersifat religius-rasional dan melihat fisika dengan pendidikan Islam masa kini. Hasan al-Banna dikenal sebagai salah satu tokoh penting yang mempengaruhi pendidikan Islam. Melalui gerakan Ikhwanul Muslimin, ia menginspirasi banyak perubahan dalam Islam pada abad ke-20. Hasan al-Banna ingin membangun masyarakat yang berlandaskan ajaran Islam yang asli, menjadikan pendidikan sebagai hal utama. Ia juga mendorong umat Islam untuk terlibat dalam kehidupan sosial dan politik, agar pendidikan bisa menjadi alat untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengkaji berbagai buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Hasan al-Banna masih sangat relevan untuk pendidikan Islam saat ini. Gagasannya yang religius-rasional menekankan pentingnya ajaran agama, tetapi juga mendorong pengembangan kemampuan berpikir dan keterampilan praktis yang dibutuhkan di zaman modern.