ANALISIS STRATEGI FUNDRAISING DANA ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT PERTAMINA (BAZMA) KOTA PRABUMULIH
ANALISIS STRATEGI FUNDRAISING DANA ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT PERTAMINA (BAZMA) KOTA PRABUMULIH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Fundraising yang digunakan oleh Bazma Kota Prabumulih dan Metode yang digunakan untuk melaksanakan Fundraising. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan obseravasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh hasil bahwa Strategi Fundraising yang dilakukan Bazma Kota Prabumulih yaitu dengan cara memberikan informasi kepada personalia PT Pertamina terkait pembayaran zakat, broadcast sosial media, serta menerbitkan majalah atau membuat banner pembayaran zakat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan zakat atau Fundraising adalah metode langsung dan tidak langsung. Metode langsung yang digunakan oleh Bazma Kota Prabumulih adalah dengan cara Muzakki mendatangi kantor Bazma Kota Prabumulih dan dapat juga dilakukan dengan pemotongan secara langsung dari zakat karyawan PT Pertamina. Metode tidak langsung yang digunakan oleh Bazma Kota Prabumulih adalah dengan cara mengadakan seminar pendidikan mengenai zakat dan audiensi baik kepada pihak PT Pertamina maupun dengan pihak Lembaga Amil Zakat (LAZNAS) kota Prabumulih.
Copyright (c) 2024 LA RIBA: Jurnal Perbankan Syariah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
LA RIBA: Jurnal Perbankan Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
Publised by Program Studi Perbankan Syari'ah of Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya, Indonesia