penerapan metode bernyanyi Application of singing method to memorize Arabic vocabulary in class X of Madrasah Aliyah Al Ittifaqiah Indralaya in the 2024-2025 academic year
penerapan metode bernyanyi untuk menghafal mufrodat bahasa arab di kelas X madrasah aliyah al ittifaqiah indralaya tahun ajaran 2024-2025
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas penggunaan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufrodat) pada siswa kelas X di Madrasah Aliyah Al-Ittifaqiah Indralaya pada tahun ajaran 2024-2025. Penelitian berfokus pada tiga aspek utama: peningkatan motivasi belajar, penguatan daya ingat, dan pengembangan kemampuan penguasaan mufrodat siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggali pemahaman mendalam tentang dinamika pembelajaran melalui perspektif siswa dan guru.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa implementasi metode bernyanyi membawa dampak positif dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan. Metode ini terbukti efektif dalam membantu siswa mengingat kosakata baru dan mendorong partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Meski menghadapi tantangan seperti keterbatasan alokasi waktu dan keengganan siswa karena rasa malu, guru berhasil mengatasi kendala tersebut melalui pendekatan pembelajaran yang bertahap dan pengembangan strategi kreatif.
Kontribusi penelitian ini signifikan dalam mengembangkan inovasi pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam mengintegrasikan unsur seni dan kreativitas. Untuk pengembangan lebih lanjut, direkomendasikan agar metode ini diuji pada tingkat pendidikan yang berbeda dan dikembangkan menjadi modul pembelajaran terstruktur yang berbasis musik.