A, The ANALISIS PENERAPAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SANTRI KELA XI IPA 3 ALIAH DI PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQIAH

Penilaian Autentik

  • Dela Pebriansih dela mahasiswa IAIQI

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab dengan penilaian Autentik pada santri kelas XI IPA 3 Aliah di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah. Penelitian ini bertujuan untuk para pembaca agar mengetahui tujtuan pendidikan ini sudah tercapai dengan baik atau belum, serta apakah proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Dalam evaluasi pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan penilaian autentik ada tiga ranah yang digunakan dalam penilaian ini yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Dengan tujuan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran Bahasa Arab dengan penilaian Autentik di kelas XI IPA 3 aliah Al- Ittifaqiah.Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini, adalah data yang dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran Bahasa Arab dengan penilaian Autentik pada kelas XI IPA 3 Aliah di Pondok Pesantren Al-Ittiafaqiah telah dilaksanakan secara efektif, namun masih memerlukan perbaikan dalam beberapa aspek seperti, pemahaman guru tentang konsep penilaian Autentik, keterbatasan waktu, dan sumber daya. Penelitian iniĀ  diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab dengan penilaian Autentik di lembaga pendidikan Islam, dan dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya yang berkaitan dengan topik yang semisal, serta meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab pada santri kelas XI IPA 3 Aliah di pondok pesantren Al-Ittifaqiah.

Published
2025-01-11
Section
Articles