IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir Sumatra Selatan)
Abstract
Keberagaman latar belakang santri di pesantren, baik secara sosial, budaya, suku, dan ekonomi, tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, pendidikan multikultural dinilai sangat penting bagi pembentukan karakter bangsa santri pondok pesantren. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis proses implementasi pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya dan menganalisis faktor pendukung dan pengambat dalam proses implementasi pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan model fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya sudah baik. Hal ini terlihat dari apa yang dilakukan para pemimpin pesantren dalam menjalankan peran kepemimpinannya. Di setiap kesempatan, mereka memberikan imbauan kepada siswa, guru, orang tua dan pendukung pembelajaran lainnya untuk tidak mengurangi keberagaman. ada di pesantren. Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya menjadi penghalang dan sumber perpecahan di lingkungan pondok pesantren. Menerapkan pendidikan multikultural terpadu dalam situasi dan kondisi operasional pondok pesantren sehari-hari. Aspek yang meliputi implementasi pendidikan multikultural meliputi kurikulum, pembelajaran, kepemimpinan pesantren, kegiatan pengembangan pribadi dan implementasi peraturan pesantren. Dalam melaksanakan pendidikan (pendidikan multikultural), banyak kendala yang bersifat internal.
References
Madjid, Nurcholish. 2011. Islam Dan Budaya Lokal, 5.1. Jakarta: Grasindo.
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Pendidikan.
Vol. 1 No. 1. Jakarta: Universitas Negri Jakarta.
Qurohman, Skripsi Taufik. 2017. Implementasi Pendidikan Multikulturalisme di Pesantren Mahasiswa An Najah Purwokerto. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Salim dan Syahrum. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Sauqi, Ahmad & Ngainun Naim. 2008. Pendidikan Multikultural, Konsep dan Aplikasi.
Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Copyright (c) 2024 TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.